Pengamatan Dosen Universitas HAWAI (USA) tentang beberapa karya Ilmiah Dosen Indonesia di Jurnal Internasional

Permenpan-RB no 17 tahun 2013 mempunyai dampak besar dalam pengembangan karir dosen di Indonesia. Para dosen dari beberapa Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia berupaya mempublikasikan karya ilmiah pada jurnal yang terindeks di scopus dan mempunyai SJR, tetapi meskipun terindeks dan mempunyai SJR di Scopus belum tentu semua jurnal tersebut adalah jurnal internasional yang bereputasi.
Seorang dosen, Profesor dari Department of Indo-Pacific Languages and Literatures University of Hawaiʻi at Mānoa mampu menulis dalam bahasa Indonesia dengan baik yang bidang studinya tentang Indonesia terutama mengenai budaya dan bahasa batak, mengevaluasi beberapa jurnal yaitu Journal of Language and Literature (JLL), International Journal of Academic Research (IJAR-Azerbaijan) dan Journal of Economics and Engineering (JEE). Disebutkan bahwa karya ilmiah di jurnal-jurnal tersebut tidak ada yang berasal dari Universitas terbaik di Indonesia, dan juga memenginformasikan nama seorang dosen dari institusi ternama di Indonesia sebagai anggota editorial boards.
Mengingat tulisan pada http://ipll.manoa.hawaii.edu/internal/documents/predatory-publishers/ menyangkut khususnya nama baik PT yang diambil sebagai contoh dan nama baik PT di Indonesia umumnya ,ada baiknya pimpinan PT proaktif memberikan pendapat dan pandangan mengenai hal tersebut .

You may also like...

Leave a Reply