Informasi tentang Jurnal Internasional

Jurnal yang diterbitkan oleh Center Promoting Ideas dan Canadian Center of Science and Education ( pernah diinformasikan sebelumnya di laman pak.dikti.go.id) termasuk dalam Jurnal internasional yang diragukan. Sebagai contohnya, lihat gambar sebagai berikut:

Selain itu, International Journal on Advanced Science Engineering Information Technology juga termasuk dalam jurnal internasional yang meragukan. Tampilan jurnalnya adalah sebagai berikut:

Selain dua jurnal internasional meragukan tersebut di atas, tim penilai jabatan akademik pusat juga menemukan satu jurnal lokal meragukan, yaitu jurnal Mondial. Indikasinya adalah, alamat penerbit di Sekeloa Bandung, tetapi menerbitkan jurnal pada cabang penerbit  di Aceh, semua penulis artikel juga dari Aceh. Hal ini  tidak sesuai dengan kepatutan  penerbit  jurnal yang bereputasi. Tampilan jurnal Mondial adalah sebagai berikut:

Trans Tech Publications menerbitkan artikel yang telah dipresentasikan melalui  forum konferensi  internasional utamanya dibidang material sains di berbagai negara. Mengingat proses dari prosedur pengiriman abstraks sampai dengan penerimaan naskah dilakukan dengan kaidah ilmiah yang relatif baik, maka diusulkan bahwa artikel yang diterbitkan pada Trans Tech Publications dapat dinilai dengan angka kredit lebih tinggi dari jurnal terakreditasi  DIKTI  misalnya: maksimal 30 ak, tetapi tidak dapat digunakan untuk pemenuhan persyaratan khusus ‘publikasi ilmiah’ untuk usulan jabatan akademik Profesor. Tampilan jurnal Advance Material Research terbitan Trans Tech Publications adalah sebagai berikut:

You may also like...

Leave a Reply